Sudahkah Mengenal Diri?

Permasalahan terbesar dalam hidup berasal dari diri sendiri. Untuk tumbuh, kita harus mampu mengalahkan diri dan menaklukan ego agar bisa mencapai puncak teratas kebahagiaan.

Kenapa sebegitu pentingnya memahami diri sendiri? Jika ada pertanyaan seperti itu, jawabannya tentu sangat perlu. Orang tidak akan memiliki cita-cita jika dia tidak paham kelebihan dan kekurangannya. Orang akan terpuruk karena tidak mampu mengolah kelemahannya menjadi kelebihan. Semua orang sukses yang kita kenal, telah selesai dalam mengurus dirinya sendiri.

Membayangkan jika hampir pemuda di seluruh Indonesia memiliki sikap dan mental yang lemah. Apa yang akan terjadi pada masa depan bangsa ini. Kehancuran karena tidak pernah mengenal dirinya sendiri? Bisa lebih parah, pemuda yang tidak mengakui dirinya sendiri.

Kencenderungan yang tidak mengakui dirinya sendiri adalah gangguan psikologis, harus disembuhkan karena bisa membuat penderitanya mengurung diri bahkan kehilangan kepercayaan diri. Hal yang tidak terduga seperti melakukan bunuh diri bisa saja terjadi. Ini haruslah dicegah, dengan cara menjaga rohani dan jasmani tetap sehat.

Ikuti pola hidup sehat, dapat meningkatkan kebahagiaan dan kreatifitas serta produktifitas seseorang. Menjalani kehidupan dengan lapang dada, dan selalu sabar akan membuka banyak sekali pemecahan atas masalah yang dihadapi.

Jangan sampai kita menghancurkan diri sendiri, karena tidak pernah belajar untuk menjaga diri. Langkah dan hidup seperti apa pilihan yang paling tepat sehingga kita bisa merasakan kebermanfaatan dari seorang diri yang lemah. Tidak ada yang tau, dan maha tau. Makanya mulai libatkan Tuhan dalam setiap usahamu, seberat apapun ujian hidupmu. Dia yang mampu meringankan beban itu. Jadi mintalah, dan berdoalah agar jalan yang kau tapaki bernilai dan diridhoi oleh-Nya.

"Kenali dirimu, Dekati Tuhanmu, dan tapaki jalannya dengan kelapangan"

Komentar